RSS

2. Model Berkarakter

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA: Derajat Keasaman (pH)

Satuan Pendidikan              :  SMA  Negeri A Surabaya

Mata Pelajaran                      :  Kimia

Kelas/Semester                     :  Kelas XI/ Semester II

Materi Pembelajaran            :  Derajat Keasaman (pH)

Alokasi Waktu                       :  2 x 45 menit

____________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi         : Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode   pengukuran,

dan terapannya

II.   Kompetensi Dasar             : Mendeskribsikan teori-teori asam basa dengan menentukan

  sifat larutan dan menghitung pH

III.  Indikator                        

  1. Kognitif
  2. Produk:

a. Mendeskribsikan hubungan [H3O+] dan [OH] dalam larutan (dengan pelarut air)

b. Menjelaskan pengertian derajat keasaman (pH) suatu larutan

c. Menghitung pH dan pOH suatu larutan

  1.  Proses:

a. Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara [H3O+] dengan pH larutan menggunakan alat dan bahan sesungguhnya atau virtual lab

1)      merumuskan hipotesis

2)      mengidentifikasi variabel manipulasi

3)      mengidentifikasi variabel respon

4)      mengidentifikasi  variabel control

5)      melaksanakan eksperimen

6)      mengisi tabel pengamatan

7)      melakukan analisis data

8)      merumuskan kesimpulan

b. Mengklasifikasi sifat suatu larutan sebagai asam, basa, atau netral berdasarkan derajat keasamannya (pH)

  1. Psikomotor
  2. Mengencerkan larutan menggunakan gelas ukur dan pipet tetes
  3. Menentukan pH larutan menggunakan indikator universal

(menggunakan alat dan bahan sessungguhnya)

3. Mengoperasikan software PhET (pH scale) untuk menyelidiki hubungan antara  [H3O+] dengan pH larutan

  1. Afektif

1. Karakter

a. jujur,

b. tanggung jawab,

c. hati-hati,

d. teliti.

2. Keterampilan sosial:

a. bertanya,

b. menyumbang ide atau berpendapat,

c. menjadi pendengar yang baik,

d. berkomunikasi.

          

IV. Tujuan Pembelajaran: 

A.   Kognitif

1.   Produk:

a. Secara mandiri siswa dapat mendeskribsikan hubungan [H3O+] dan  [OH] dalam larutan dengan pelarut air dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban

b. Secara mandiri siswa dapat menunjukkan penguasaannya tentang pengertian pH suatu larutan sesuai dengan kunci LP 1: Produk

c. Secara mandiri siswa dapat menghitung pH dan pOH larutan dengan mengerjakan soal-soal tentang derajat keasaman di LP 1: Produk seauai kunci jawaban

2.   Proses

a. Diberikan alat dan bahan dan LKS SMA siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara  [H3O+] dengan pH larutan mengidentifikasi sifat larutan sesuai kunci LP 2: Proses (merumuskan hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, analisis, kesimpulan)

(catatan: praktikum dengan alat dan bahan sesungguhnya)

b. Disediakan komputer dan software PhET, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara [H3O+] dengan pH larutan mengklasifikasi sifat larutan sesuai kunci LP 2: Proses (merumuskan hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, melakukan analisis, dan membuat kesimpulan)

(catatan: menggunakan virtual lab)

  1. Psikomotor

1. Disediakan alat, bahan, dan LKS SMA 01, siswa dapat membuat konsentrasi larutan yang berbeda-beda dengan cara mengencerkan sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.pada LP 3: Psikomotor

  1. Disediakan    larutan   berbeda [H3O+] nya   dan     indikator   universal, siswa dapat memeriksa pH larutan sesuai dengan  rincian tugas kinerja yang ditentukan pada  LP 3: Psikomotor
  2. Disediakan   komputer  dan  software  PhET, serta  LKS  SMA  02, siswa  dapat membuat   konsentrasi larutan yang berbeda-beda dengan cara mengencerkan sesuai dengan rincian tugas kinerja secara virtual lab.

4. Disediakan   komputer  dan  software  PhET, serta  LKS  SMA  02, siswa  dapat  melakukan memeriksa pH larutan sebuai dengan rincian tugas kinerja secara virtual lab.

  1. Afektif

1.  Karakter:

Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.

2.  Keterampilan sosial:

Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

 

 

V.  Model dan Metode Pembelajaran:

Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Kooperatif

Metode Pembelajaran: Diskusi dan pemberian tugas

VI. Bahan

 Larutan HCl 0,1 M                                  –  100 mL

Larutan NaOH 0,1 M                              –  100 mL

Sari jeruk                                                 –  100 mL

Larutan cuka                                           –  100 mL

Larutan kopi                                            –  100 mL

Air Suling                                                 –  500 mL

Larutan soda kue                                    –  100 mL

Larutan obat maag                                  –  100 mL

Larutan sabun                                         –  100 mL

Indikator universal

Larutan-larutan yang disediakan dalam virtual lab software PhET, pH scale

 

VII. Alat : 

Gelas ukur 50 mL                                    –  2   buah

Gelas kimia 100 mL atau cup plastik      –  15 buah

Pipet tetes                                                –  2   buah

Program virtual lab (software PhET, pH scale)

 

VIII.  Proses Belajar Mengajar

  1. A.   Pendahuluan
 

Kegiatan

Penilaian oleh Pengamat
1 2 3 4
1.  Memotivasi siswa dengan memperlihatkan berbagai macam larutan bersifat asam, basa, atau netral yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. (Fase 1 MPK)

2.  Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter. (Fase 1 MPK)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: